Direktorat Kepengasuhan

Indeks Prestasi Kesantrian (IPKs)

Angka kredit Penunjang Akademik MAHASISWA(AKPAM)

universitas-darussalam-gontor

Angka Kredit Penunjang Akademik Mahasiswa atau disingkat AKPAM merupakan media pendidikan yang dilakukan oleh Universitas Darussalam Gontor sebagai perguruan tinggi yang bersistem pesantren. selain Tri Dharma pergururuan tinggi yaitu pendidikan-pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat, UNIDA Gontor juga memiliki dharma yang lain dalam membina Akhlaq dan mental mahasiswa diluar bangku perkuliahan.

Pembinaan Akhlaq dan mental diaplikasikan dalam 6 program pendukung yaitu: keilmuan, kerohanian, keorganisasian atau leadership, kemasyarakatan, kesenian dan keolahragaan, serta pengalaman dan lomba. keenam program ini dibalut dalam atmosfir kehidupan pondok yang sarat dengan jiwa keikhlasan, kesederhanaan, ukhuwah islamiyah, kemandirian dan kebebasan yang bertujuan menjadikan setiap mahasiswa memiliki idealisme serta filsafat hidup dalam menghadapi masa depan.

Program-program pembinaan diatas kemudian dipecahkan menjadi kegiatan non akademik mahasiswa yang merupakan kombinasi dari olah pikir, olah dzikir, olah rasa dan olahraga. kegiatan ini kemudian di record, dinilai dan dilaporkan dalam sebuah laporan Indeks Prestasi Kesantrian pada setiap semester. sehingga penilaian mahasiswa berprestasi dan teladan UNIDA Gontor bukan hanya berpacu pada Indeks Prestasi Komulatif (IPK), namun juga Indek Prestasi Kesantrian.