Direktorat Kepengasuhan

Definisi

DEFINISI DIREKTORAT KEPENGASUHAN

Direktorat Kepengasuhan adalah lembaga yang membantu rektor dan wakil rektor I dalam membina mahasiswa santri di luar jam perkuliahan. Lembaga ini bisa disebut juga dengan lembaga kepengasuhan UNIDA Gontor. Tugas utama Direktorat Kepengasuhan adalah mendesain pendidikan dan pembimbingan mahasiswa santri secara keseluruhan yang mencangkup pembinaan, penerapan disiplin, peningkatan ibadah, pengembangan mental karakter, dan berbagai kegiatan penunjang akademik lainnya. Dalam pembinaan tersebut, Direktorat Kepengasuhan melibatkan mahasiswa santri itu sendiri untuk ikut serta dalam pelaksanaannya, baik di asrama maupun di luar asrama dengan aturan yang telah disepakati dalam kode etik Universitas.

Lembaga ini juga membimbing dan mengontrol jalannya organisasi kemahasiswaan seperti Dewan Mahasiswa (DEMA), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Dewan Asrama Mahasiswa (DESMA)

Visi

Menjadi lembaga yang membantu Universitas dalam mengaplikasikan sistem pesantren dan mengawal mahasiswa santri dalam pengembangan diri untuk menjadi manusia yang memiliki pengetahuan berbasis Islamisasi ilmu pengetahuan kontemporer dan memiliki keterampilan berbahasa Arab

Misi

1.      Menjaga disiplin Universitas dalam kehidupan mahasiswa santri selama masa studi.

2.      Menerapkan nilai-nilai pesantren dalam kegiatan dan kehidupan mahasiswa santri di asrama, organisasi  serta kegiatan penunjang akademik lainnya.

3.      Menyelenggarakan kegiatan informal dalam rangka membantu Universitas untuk mendidik mahasiswa santri yang memiliki pengetahuan bebrbasis Islamisasi

4.      Melaksanakan pembinaan dan konseling mahasiswa santri dalam menunjang proses pendidikan di Universitas

Tujuan

1.  Dihasilkannya mahasiswa santri yang berdisiplin dalam kehidupannya

2.  Dishasilkannya mahasiswa santri yang memiliki keikhlasan, kesederhanaan, berdikari, ukhuwah islamiyah, dan kebebasan. 

3.  Dihasilkannya insan yang beriman, berakhlaq mulia, berpengetahuan luas, berpikiran kreatif, menguasai 10 kompetensi dasar yang meliputi problem solving, critical thinking, creativity, people management, coordinating with others, emotional intelligent, judgement and decision making, service orientation, negotiation, dan cognitive flexibility yang mampu mengamalkan ilmunya secara kreatif, inovatif dan profesional, serta sanggup berkompetisi di tingkat nasional maupun internasional.

4.  Dihasilkannya mahasiswa yang memiliki kemampuan dalam mengembangkan dan memperbaiki diri. 

RENSTRA

Pengembangan Direktorat Kepengasuhan 25 Tahun Mendatang

2014 - 2015

Transasi ISID Gontor ke UNIDA Gontor

Non Akademik, Ortala, SDM

2016 - 2020

Penguatan Internal

Pembentukan Lembaga Kemahasiswaan, Kegiatan Penunjang Akademik

2021 - 2025

Pengembangan Administrasi Lembaga dan Kemahaiswaan

Pengembangan Sistem Kehidupan di Asrama, Penguatan Disiplin dan Organisasi Kemahasiswaan

2026 - 2030

Pengembangan dan Penguatan Kaderisasi

SDM Lembaga

2031 - 2035

Nationally Standard Institution

Administrasi Lembaga, Asrama, Organisasi Kemahasiswaan

2036 - 2040

World Standard Institution

Administrasi Lembaga, Asrama, Organisasi Kemahasiswaan, SDM