Direktorat Kepengasuhan

Kumpul Evaluasi Bulanan Universitas Darussalam Gontor

Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor yang bernaung dalam payung Pondok Modern Darussalam Gontor selalu mengedepankan akhlak dan adab seluruh penghuni didalamnya baik dari Santri, Guru Pengajar, Mahasiswa, Dosen, Bahkan Sampai Pimpinan Pondok selalu mengutamakan dua hal tersebut. Akhlak dan adab selalu lebih tinggi derajatnya dibading dengan keilmuan. Dengan memiliki adab dan akhlak yang baik dan benar maka para civitas penghuni pondok akan bisa mengamalkan ilmu yang mereka miliki dengan baik dan benar juga.

Begitu Hal nya dengan Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor meski ranah keilmuan sudah naik satu tingkat dari jenjang Kulliyatul Mualimin Islamiyah (KMI) yang mana ranah keilmuannya tertuju untuk jenjang karir dengan mata pelajaran lebih terkerucut ranahnya, sesuai dengan minat masing murid atau mahasiswa. Dengan pemikiran-pemikiran mahasiswa yang mulai kritis dan selalu memunculkan rasa ingin tahu yang lebih dalam pastinya berbeda dengan saat santri yang mana pada saat itu pola pikir masih harus diarahkan. Sama halnya dengan pengajar-pengajarnya yang sekarang tingkat ilmunya berbagai macam mulai dari lulusan Magister, Doktoral, sampai Guru besar atau biasa disebut Profesor.

Hal ini yang menjadi tanggung jawab besar Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor karena dengan berbagai banyak variasi keilmuan yang dimiliki dari masing-masing program studi menjadi tanggung jawab untuk membawa keilmuan ini agar tidak melenceng dari nilai-nilai yang ditanamkan islam, maka perlu adanya pengawalan dari universitas. Bentuk pengawalan ini dilakukan dengan adanya kumpulan evaluasi bulanan bersama dengan bapak rektor beserta jajaran wakil rektor dan dekan-dekan program studi.

Kumpul Evaluasi Bulanan ini dilakukan dua sesi dalam satu bulan. Sesi pertama dihadiri oleh jajaran bapak ibu dosen dan juga dari tenaga kependidikan berlokasi di Hall gedung terpadu, yang mana acara ini dilakukan pada sabtu pagi hari, pada sesi ini membahas kenda-kendala terkait keadaan mahasiswa, kegiatan yang akan dilakukan kedepannya dan evaluasi selama satu bulan kegiatan perkuliahan. Pada sesi kedua dilakukan pada tempat yang sama akan tetapi dengan waktu yang berbeda yaitu pada malam hari dihadiri oleh seluruh mahasiswa dari semester satu sampai semester 9 keatas, pada sesi ini dihadiri oleh bapak rektor dan jajaran staff direktorat kepengasuhan. Berbeda dengan sesi pertama pada sesi kedua ini lebih membahas kehidupan yang ada didalam kampus yang meliputi disiplin mahasiswa, kegiatan mahasiswa dengan pengurus mahasiswa, juga membahas fasilitas yang ada di universitas.

Adanya rutinitas bulanan menjadi suatu kebiasaan atau adat yang diharapakan akan terus diadakan meski pemimpin atau rektornya terus berganti kedepannya. Mengingat kata trimurti terdahulu "Meskipun Pemimpinnya berganti, tetapi sistem pondok tidak boleh berganti". Hal ini lah yang mendasari kegiatan tersebut, dengan adanya kegiata ini diharapkan para civitas akademik dapat mengetahui keadaan universitasnya pada saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *