Direktorat Kepengasuhan

Family Gathering Semester 5 sebagai Sarana Mempererat Ukhuwah Islamiyah

Berdasarkan diperdayakan kepengurusan angkatan semester mahasiswa Universitas Darussalam Gontor dan pentingnya disiplin mahasiswa Universitas Darussalam Gontor, maka Direktorat Kepengasuhan selaku pengatur kehidupan mahasiswa mengadakan perkumpulan pada hari ini:

Hari/Tanggal   : Selasa, 13 Oktober 2020.

Waktu             : 20.00 S/d Selesai.

Tempat            : Masjid Jami Universitas Darussalam Gontor.

Sehingga telah terlaksana perkumpulan angkatan yang dihadiri oleh angkatan semester 5 dan pembimbing angkatan Universitas Darussalam Gontor. Adapun Tujuan diadakan perkumpulan ini adalah untuk memperkuat silaturahmi antar mahasiswa semester 5, dan mereka lebih memiliki rasa solidaritas antar teman semester. Adapun materi dan topik yang dibahas pada forum perkumpulan ini, serta yang bertugas sebagai unsur moderator dan narasumber adalah sebagai berikut:

  1. Materi atau Topik:
    1. Pembicaraan terkait persiapan Ujian Akhir Semester yang akan di adakan pada 24 Oktober 2020.
    2. Disiplin Harian.
    3. Akpam, Tahfidz dan Pembayaran SPP
    4. Motivasi Dalam Belajar
  2. Petugas dan Nara Sumber:

Moderator: Sandi Alif

Notulensi: Fahmi Ahyar

Nara Sumber: Abdullah Nur Adib dan Feldi Himakhtiyar

Dalam menghadapi Ujian Akhir Semester mahasiswa Universiatas Darussalam Gontor dituntut untuk lulus akpam dengan niali minimal yaitu 200 poin dan lulus tahfidz sesuai dengan ketentuan yang ada pada markas Quran. Selain itu mahasiswa juga dituntut untuk melunasi pembayaran bulanan atau SPP yang menjadi kewajiban untuk diselesaikan agar meraka dapat mengikuti ujian.

Ketiga syarat tersebut adalah syarat wajib mahasiswa Universitas Darussalam Gontor dalam mengikuti ujian, sehingga banyak hal harus disiapkan mahasiswa sebelum mengikuti ujian akhir semester (UAS). Maka dari itu diadakan perkumpulan angakatan ini bersama pembimbing angakatan oleh Direktorat Kepengasuhan tidak lain dalam rangka mengingatkan mahasiswa terkait persiapan meraka menjelang ujian akhir semester (UAS) yang akan diselenggarakan pada 24 oktober mendatang.

disisi laindalam masalah kedisiplinan mahasiswa, muncul sebuah pernyataan atau statement dari seorang mahasiswa “Kita ini kan Mahasiswa, mestinya kita berdisiplin atas dasar kesadaran dan hati nurani kita” pernyataan tersbut kemungkinan memiliki dua sudut pandang, benar dan salah. sudut pandang yang benar saat pernyataan tersebut diungkapkan oleh mahasiswa yang kesehariannya berdisiplin tinggi. Namun salah apabila pernyataan tersebut diungkapkan oleh mahasiswa yang malas yang mudah dipengaruhi oleh hawa nafsunya.

Dengan adanya perkumpulan angkatan ini diharapkan dapat mempersatukan dan mempererat kebersamaan dari semester 5. Sehingga adanya perkumpulan ini dapat memberi masukan terhadap mahasiswa untuk lebih berdisiplin dalam kehidupan kesehariannya di Universitas Darussalam Gontor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *